1.Layanan Reaktif
Layanan reaktif dari MetroKota-CSIRTyaitu:
1.1. Pemberian Peringatan Siber
Layanan ini berupa pemberian peringatan adanya insiden siber kepada pemilik sistem elektronik di lingkungan Pemerintah kota Metro
1.2. Penanggulangan dan Pemulihan Insiden Siber
Layanan ini berupa koordinasi, anailsis, rekomendasi teknis, dan bantuan on-site dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber.
2.Layanan Proaktif
Layanan proaktif dari MetroKota-CSIRT yaitu :
2.1. Penilaian Keamanan (security assessment)
Layanan ini berupa identifikasi kerentanan dan penilaian risiko atas kerentanan yang ditemukan.
2.2 LayananManajemen Kualitas Keamanan
Layanan manajemen kualitas keamanan dari MetroKota-CSIRT yaitu :
2.3 Edukasi dan Pelatihan
Layanan ini berupa pembangunan kesadaran dan kepedulian terhadap keamanan siber dengan melaksanakan edukasi dan pelatihan.